Selamat Datang di Portal Budaya Jawa

Perangkat Pembelajaran K13 Matematika (Peminatan) Kelas XII Semester 1 dan 2

Selamat datang kembali di Kurikulum Pendidikan, tempat anda bermain-main dengan rumus dan penalaran matematika serta tebak-tebakan logika. Seperti yang pernah saya tulis di posting sebelum ini tentang Perangkat pembelajaran RPP matematika kelas XII SMA Kurikulum 2013, kali ini akan saya postingkan RPP matematika komplit mulai dari semester 1 dan semester 2. Selain itu akan saya upload juga silabus matematika wajib dan matematika peminatan kelas XII SMA, program tahunan dan program semester, serta perhitungan minggu dan hari efektif tahun pelajaran 2015/2016.

Sebelum anda mendownload keseluruhan perangkat pembelajaran tersebut, ada beberapa hal yang sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu. 

Sebagaimana yang tercantum di dalam undang undang guru dan dosen, salah satu tugas pokok guru di dalam pembelajaran adalah perencanaan termasuk di dalamnya adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Maka sudah seharusnya tiap-tiap guru menyusun RPP sendiri, meskipun dalam pelaksanaannya harus ditempuh dengan metode menyalin dan edit. 

Selain untuk berbagi, tujuan saya mengupload RPP ini adalah untuk mendapatkan apresiasi dan respon balik dari pembaca yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan RPP yang saya upload. Setiap komentar dan respon pembaca sangat saya hargai karena saya menyadari adanya banyak kekurangan di dalam RPP ini. 

Setelah anda mendownload RPP Matematika kelas XII SMA kurikulum 2013 ini, mohon diteliti dan diedit terlebih dahulu sebelum digunakan.

Poin-poin yang wajib anda ubah adalah :
  • Nama guru dan NIP
  • Nama sekolah
  • Nama Kepala sekolah dan NIP
Kemudian mohon dicermati pula tahapan kegiatan pembelajarannya mulai dari bahan apersepsi dan langkah-langkah di kegiatan inti. Satu hal lagi, jika sempat mohon dilengkapi lembar kegiatan siswa yang sebagian sudah saya buat dan rancangan penilaiannya.

Sebagaimana RPP-RPP lainnya yang pernah saya upload, RPP Matematika kelas XII  SMA kurikulum 2013 ini saya bagikan dalam format .docx agar dapat diedit langsung oleh pembaca jika sekiranya ada hal-hal yang memang belum tepat. Mohon jika ada perbaikan anda upload ulang sehingga nantinya bisa dijadikan referensi yang lebih baik untuk pembaca yang lain. 

RPP ini mengacu pada Buku Pengembangan RPP Kurikulum 2013 di SMA yang disusun oleh Direktorat Pembinaan SMA-Ditjen Pendidikan Menengah dimana isi RPP dan sistematikanya antara lain sebagai berikut:

Berikut adalah Link Download Perangkat Pembelajaran K13 Matematika (Peminatan) Kelas XII Semester 1 dan 2
  1. KI dan KD
  2. Silabus Pembelajaran
  3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  4. Program Smester
  5. Program Tahunan
  6. Kriteria Ketentuan Maksimal (KKM)
  7. Analisis Kompetensi
  8. Analisis Alokasi Waktu
  9. Pemetaan Teknik Kompetensi dan Teknik Penilaian
  10. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
Terkait dengan indikator untuk KD-KD dari KI-1 dan KI-2 tidak harus dikembangkan karena keduanya dicapai melalui pembelajaran tidak langsung. Sedangkan untuk indikator KD-KD dari KI-3 dan KI-4 harus dikembangkan karena keduanya dicapai melalui pembelajaran langsung.

Untuk metode pembelajaran yang dimaksudkan adalah sebagai metode yang diterapkan dalam setiap pertemuan dan harus dijaga kesinambungan antara pertemuan satu dengan pertemuan berikutnya dalam satu RPP

Pada aspek penilaian dituliskan penilaian komplit, dari penilaian aspek sikap, pengetahuan, maupun keterampilan untuk setiap pertemuan.

Demikian beberapa panduan dan catatan untuk mengembangkan RPP. Harapannya nanti RPP yang saya bagikan ini nanti dapat disesuaikan menurut kondisi sekolah dan karakteristik siswa masing-masing.

Itulah postingan tentang Perangkat pembelajaran RPP matematika kelas XII SMA Kurikulum 2013, juga silabus matematika wajib dan matematika peminatan kelas XII SMA, program tahunan dan program semester, serta perhitungan minggu dan hari efektif tahun pelajaran 2015/2016 yang saya punyai.

Update : Silabus Matematika Kurikulum 2013 Terbaru Edisi Revisi 
Share this post :

Posting Komentar

Statistik Blog

Download Basiyo

    Download Dagelan Matarama MP3 - Basiyo

p4tkmatematika.org

 
di Share Oleh : Bambang Setiawan | Wong Matematika | Asli dari Pacitan
Copyright © 2015. Budaya Jawa - All Rights Reserved
Template by Wong Pacitan Modified by MR-BeBe
Proudly powered by BeBeColection