Serat WulangREH
karya Paku Buwana II
Pangkur
/1/ poma sira ngawruhana, éling-éling manungsaning Hyang Widhi, kang
samya kang ngudi tuwuh, sedaya nora béda, tuwuh iku apan kathah liripun, ana
cukul ing sesawah, ana cukul ing mas picis.
bersungguh-aungguhlah untuk kau ketahui, sadarlah bahwa manusia milik
Tuhan, juga semua yang tumbuh berkembang, semua tidak berbeda, sesuatu yang
tumbuh berkembang itu banyak bentuknya, ada yang tumbuh di persawahan, ada yang
berkembang dari uang emas.
/2/ ana cukul ing derajat, atenapi cukul ingkang kasektin, myang cukul
ing bongsa luhur, ingkang satunggal-tunggal, awiwita nora sangking nalar busuk,
undhaking ing saban – saban, amarga sangking berbudi.
ada yang tumbuh dalam kepangkatan, tidak terkecuali tumbuh dalam hal
kesaktian, serta tumbuh sebagai golongan orang luhur, yang satu lagi, mulailah
dengan tidak membiarkan kebodohan, perkembangan yang setiap waktu (terjadi),
karena dari sifat murah hati.
/3/ kathah lelepéyan ira, utamané wuruking mata kuping, rahina wengi
kadulu, datan sah kapiyarsa, gunging urip sedaya pan amrih ontung, untungé wong
anéng donya, malah ta ginawa mati.
banyak kelalaianmu, terutama pelajaran bagi mata dan telinga, siang
malam yang dilihat, adalah yang tidak sah, seluruh manusia semua menginginkan
untung, keberuntungan orang di dunia, bahkan dibawa mati.
/4/ néng donya tanpa cilaka, néng ngakérat lestari kadya nguni, apa
sapratingkahipun, sayekti nora béda, malah-malah yén ing gesang during migruh,
wewalesing nalar mulya,ngakérat pesthi (17)pinanggih.
di dunia tanpa celaka, di akherat lestari seperti dulu, apa pun yang
dilakukan, benar-benar tidak berbeda, bahkan apabila ketika masih hidup belum
meninggalkan kewajiban, balasannya kemulyaan pikiran, pasti bertemu di akhirat.
/5/ myang saturun-turun tedhak, anglabeti sangking penggawé becik, yén
cubluk ing uripipun, amesthi tur cilaka, néng ngakérat melarat kebacut-bacut,
cures ponang turun tedhak, ajember awor lan najis.
dan seluruh keturunannya, mendapat kebahagiaan juga karena perbuatan
baik tersebut, apabila bodoh dalam kehidupannya, pasti celaka, di akherat
sengsara terlunta-lunta, para keturunannya benar-benar habis (sangat
menderita), sangat kotor bercampur dengan najis.
/6/ ndah ojat saisining rat, sastra kidung perlambang miwah mingsil,
aja pepéka ing ratu,rumegsa ing nalar mulya, endi lire ingkang anjodheri laku,
kang ngasoraken cilaka, ambubrah ing nalar becik.
menjadi pembicaraan seisi dunia, pengetahuan dari kidung perlambang
serta nasihat, jangan sembrono terhadap raja, jagalah dengan akal mulia,
manakah sesungguhnya yang menganggu perjalanan, yang mengalahkan celaka, yang
menghancurkan akal baik.
/7/ tuwa anom éstri lanang, gedhé cilik sudagar miwah tani, nadyan
ingkang bongsa luhur, yén ngambah bebotoha, ngadu-adu rérékan apus ing apus,
kurang gawéné wong gesang, dadi karem ing bilahi.
tua- muda, pria-wanita, besar-kecil, pedagang serta petani, walupun
dari golongan orang luhur, namun bila terlibat perjudian, dalam aduan tipu
muslihat, bagi orang hidup itu kurang kerjaan, menjadi tenggelam dalam
kesengsaran.
/8/ wus pesthi ing alam donya, sajeg urip tuman dadi gegingsir, yén wus
tuman anelutuh, mungguh wong lara awak, nora kena tinambanan saya ngrutuh,
goroh cilakané muyab, lumuh seka lir ing kardi.
sudah pasti di dunia, selama hidup ketagihan tidak berubah, apabila
sudah ketagihan maka keterusan, ibarat orang yang sedang sakit, tidak dapat
diobati justru semakin menjadi-jadi,
bohong celakanya kemudian, enggan
terhadap semua pekerjaan.
/9/ lumuh saka liring sukma, lawan lumuh penggawé sangking gusti, lumuh
mikir somah sunu, lumuh tani nyudagar, lumuh lumrah tata kramaning wong ngurus,
tan kena angambah praja, néng désa dadi waweri.
enggan terhadap Tuhan, serta enggan terhadap pekerjaan dari atasan (pimpinan),
enggan memikirkan anak istri, enggan bertani dan berdagang, enggan melaksanakan
tatakrama yang lumrah terhadap orang-orang berperilaku baik, (orang tersebut)
tidak boleh menapakkan kaki di kerajaan, di desa menjadi perusuh.
/10/ kena wilalat ing jagat, wus pinesthi tan kena awor jalmi, ngakena
mari tan tuhu, manungsa papesotan (18), léwér sembér anduwéni wirang wedhus,
kekéwan kena dén ajar, botoh nora kena mari.
terkena pengaruh negative dunia, sudah pasti tidak boleh berbaur dengan
manusia, mengaku sudah berhenti namun sebenarnya tidak, manusia atau setan yang
sangat kacau, kambing pun memiliki perasaan malu, hewan dapat diajari, penjudi
tidak dapat berhenti.
/11/ marine sangking panggobal, mlocot cancut sinarang ing sasami,
jajedhegé ngapus-apus, wus kepatén pasaban, dheradhasan kapipit adiling ratu, yén
agarab harta suwang, sekala akumat malih.
berhenti dari pekerjaan itu, ibarat kulit tersayat segera dijauhi
teman-temannya, berbohong tidak bisa apa-apa lagi, tidak memiliki tempat berinteraksi,
dan lagi telah tersudut oleh pengadilan raja, bila mendapat uang, langsung
kambuh kembali.
/12/ tobating batoh keparat, ngaku mari yén durung pendhak warsi,
sayekti aja ginunggung, lawan ananing jagat, kuna mula yén bebatoh luput-luput,
kang nyina ing solah nétya, kaliwat tal amor jalmi.
tobatnya penjudi busuk, mengaku telah berhenti jika belum satu tahun,
sungguh jangan dihitung, dengan keberadaan dunia, pada zaman dahulu jika
berjudi bisa-bisa terhina, dengan raut muka, sangat dijauhi manusia.
/13/ malih margining cilaka, yén wong urip/é/ nyenyekrok amadati,
gegulang mangan naptyan, iku bubrah kang tata, raga rusak bencirih ing karya
ngepluk, bolnya kinarya kasukan, umur ira mendap-mendip.
lagi penyebab celaka, yaitu apabila seseorang hidupnya untuk menghisap
candu, senang memakan candu yang belum dimasak,
itu merusak aturan, badan rusak
mudah terkena penyakit, malas bekerja, hanya
dibuat bersenang-senang, umurmu tinggal
sebentar lagi.
/14/ yén koncat taklir wong payah, petagiyan conto sebarang kardi,
riyak umbel dadi mungsuh, Allahnya derodosan, prembah-prembéh ngising
papedhotan usus, dalinding awor lane rah, yékti aji tai anjing.
jika kehilangan nyawa seperti orang yang menderita, pengambilan kembali
segala pekerjaan, dahak, ingus menjadi musuh, Allah mengejar dosa-dosanya,
buang air besar kesakitan hampir menangis, ususnya terputus, tanda-tandanya
bercampur darah, sungguh masih berharga kotoran anjing.
/15/ kari animpal kéwala, nora kenan dén ukumi wong urip, yén wus
nyerat masang angkuh, kaya wong dhéwé lanang, pengrasané sapa sira sapa ingsun,
aku wong guna istiyar, wruh rasané luwih-luwih.
tinggal membuang saja, tidak bisa dihukum oleh manusia, apabila telah
menghisap candu kemudian berbuat angkuh, seperti laki-laki sendiri, yang
dipirkan adalah siapa diri mu siapa diriku, saya adalah orang yang telah
mengusahakan berbagai macam kebisaan, tahu rasanya hal-hal yang istimewa.
/16/ umuk ngupaya wang gangsar, sugih sanak lan wong saba bengi, (19)
pengrasa tan ana ratu, Hyang Allah Rasulolah, mung dhéwéké kang jumeneng bérak
basu, iku sarta lir wong édan, tangané pating guriming.
memperlihatkan kemudahan dalam berusaha mencari uang, banyak saudara
dan orang yang senang keluar malam, perasaannya merasa bahwa tidak ada raja,
Allah dan Rasulullah, hanya dirinyalah yang berdiri sebagai kotoran anjing, itu
seperti orang gila, tangannya ke sana ke mari.
/17/ dhidhis sarya salusuran, bliyar bliyur napasé menggrak-menggrik,
jelajor jégang atimpuh, yén sampun mendem niba, dén grijaga déning gajah wolung
puluh, éca kepati anéndra, wus lali lamun wong urip.
duduk santai tidak beraturan, lemah nafasnya tersengal-sengal, lemah
nafasnya tersengal-sengal, duduk selonjor mengangkat kaki bertimpuh, bila telah
mabuk langsung jatuh, merasa dijaga gajah sebanyak delapan puluh ekor, tidur
enak seperti orang mati, sudah lupa bahwa sedang menjadi di manusia.
/18/ iku penggawé cilaka, iku nistha kekompra gembring baring, nora
kalap kayanipun, mung mendem patagiyan, sajeg jumleg nora kedunungan patut, datan
angsal pangawula, nora tepung ing sasami.
itu perbuatan yang mencelakakan, itu hal yang nista, ceroboh, setengah
gila, tidak ada gunanya, hanya mabuk ketagihan, selamanya tidak memiliki
kepatutan, tidak mendapat pengabdian, tidak kenal sesama.
/19/ sinarang déning kaka/n/dang, sagunging wong samya ngipat-ipati,
ajember ngethuh tur kepluk, jero ing ngadhem panas, jrih ing karya wedi
alelungan nglurug, kantar ngaus sampun lepas, katanggor awrat kapesing.
disingkiri sanak saudara, semua orang menyumpah serapahi, kotor,
ceroboh, lagi pula malas, merasa dalam suasana panas dingin, takut terhadap
pekerjaan, takut penempuh perjalanan jauh, perasaannya telah mumpuni, namun
demikian mendapat kendala buang air besar.
/20/ yén tuwuk panyekrok ira, pangisingé saejam wurung uwis, mokrang
dangu prengat-prengut, nadyan ginebugan, tinabokan binada sayekti tutut,
nglakoni pretahing bérak, dhedhel
mengkelang (20) tan mijil.
bila telah makan kenyang, buang air besarnya satu jam belum selesai,
berjongkok lama dengan muka masam, walaupun dipukuli, ditempeleng, diikat
sungguh tetap menurut, saat ingin buang air besar, sembelit, keras, tidak
keluar.
/21/ andadra angombra-ombra, apanas kéh ingkang samya kemelip, lawan kéwan-
/kéwan/ sanésipun, manungsa pan sinungan, nampik milih istiyar saurung kuntung,
aja kongsi kaya kéwan, wruhnya sawusé pinanggih.
semakin menjadi-jadi, di antara sejumlah makhluk hidup, dan hewan-hewan
lainnya, manusia diberi hak, untuk menolak, memilih, berusaha sebelum datang
keberuntungan, jangan sampai seperti hewan, yang baru tahu setelah mengalami.
/22/ yén tan énget sakan paran, nora kétung gesang wekasan pati, datan
welas mring nak putu, satemah sia-sia, yékti nora ngemungaken raganipun, datan
kena sinelakan, tedhak turun anglabeti.
apabila tidak menyadari asal mula dan tujuan hidup, tidak
memperhitungkan bahwa hidup berakhir dengan kematian, tidak kasihan terhadap
anak cucu, yang mengalami penderitaan, sungguh tidak hanya badan pribadi (yang
menderita), yang tidak dapat dielakkan, keturunannya pun ikut terpengaruh.
/23/ angluwihi sia-sia, nganiaya marang kang kari-kari, sadéné mring
jasatipun, rusak tanpa karana, awiwitan marga sangking nalar busuk, memadati
lawan bangsat, katula katali-tali.
lebih dari menderita, menganiaya pada keturunannya yang kemudian,
alasan jasatnya, rusak tanpa sebab, bermula karena nalar yang bodoh, menghisap
candu bersama (teman) bangsat, (akhirnya) sengsara terlunta-lunta.
/24/ nelutuh jembering jagat, donya kerat anéng sasoring jenis, krerana
manungsa iku, sinilih ing datolah, misah ngumpul kalawan sipat rong puluh, yén
salah luwih cilaka, yén mulya luwih kakasih.
jorok, mengotori dunia, di dunia akherat berada di bawah sesama,
sebenarnya manusia itu, dipinjami oleh Dzatullah, yang terpisah dan sekaligus
menyatu dengan keduapuluh sifat, jika melakukan kesalahan akibatnya lebih
celaka, bila mulia akan lebih disayangi.
/25/ pitung bumi pitung jagat, kamulyané kang gadhuh wong angsal sih, bédha
lan sanésipun, kéwan myang (21) cecukulan, nora duwé siksa myang ganjaranipun,
wus narima ing satitah, tur tan pinilihing widi.
tujuh bumi tujuh dunia, kemuliaan orang yang (menyadari telah) meminjam
mendapat kasih sayang, berbeda dengan makhluk lainnya, hewan dan tumbuhan,
tidak memiliki siksa dan pahala, hanya menerima apa adanya, lagipula tidak
dipilih Tuhan.
/26/ sanadyan para malékat, widadari tan luwih sangking jalmi, lamun
pinintanan agung,sapakoning Hyang Suksma, dalil Kuran kang kasebut kun pa ya
kun, sarupané kadadéyan, kang gumelar bumi langit.
walaupun para malaikat, atau bidadari tidak lebih dari manusia, tetapi
tempat bagi permintaan Tuhan, perintah Tuhan, dalam ayat Quran ada disebutkan
dengan qun fayakun, segala kejadian, yang terhampar di bumi dan langit.
/27/ tan luwih sangking manungsa, sihing suksma réh sinung nampik
milih, nata prenataning tuwuh, ajaga jejeging rat, namung ngejem mempre mirip
karkatipu, punika lamun jin Islam, nanging tan padha lan jalmi.
tidak ada yang melebihi manusia, karena mendapat kasih sayang Tuhan
(manusia) diberi hak menolak, memilih, raja mengatur kehidupan, menjaga dunia
supaya berdiri tegak, hanya mempunyai niat menyerupai, itu tempat bagi jin
Islam, tetapi tidak sama dengan manusia.
/28/ mila lamun ana tindak, ngrusak urus dadya suckering bumi, sangar
sinangar ing tuwuh, kena ing penagiyan, tan rumongsa kinarsan ingkang panebut,
sinilih dating pangéran, dilalah milih bilahi.
asal ada tempat melangkah, merusak aturan, menjadi kotoran bumi,
menyebabkan celaka, maka disingkiri makhluk hidup, mendapatkan balasan, tidak
merasa bahwa, meminjam kepada Tuhan, kebetulan memilih celaka.
/29/ nadyan ta samya manungsa, mongka wonten pinilih dadya ngarsi,
niyaka nira reh rahayu, among saliring titah, pangkat-pangkat tinundha kang
undha usuk, nabi wali myang ulama, ratu satriya bupati.
meskipun semua manusia, tetapi ada yang dipilih menjadi resi, penuntun
mencapai keselamatan, memikirkan takdir diri sendiri, urut-urutan golongan yang
berbeda-beda, nabi, wali, dan ulama, ratu, satria, bupati.
/30/ padhané sayekti padha, namung kari jujuluk ulul amri, ing rubyat
sampun kasebut, pethétaning manu(ng)sa,sadurungé bumi langit kasebut, ulul amri
wus pininta ulul amri, maréntah sakéhing urip.
pada akhirnya sama, hanya mempunyai sebutan ulul amri, di dalam rubiyat
sudah disebut, penciptaan manusia,
sebelum bumi, langit diciptakan, sudah diminta, memerintah sepanjang
hidup.
/31/ U(22) rip samya ing nguripan, déning suksma amrih karkating bumi,
mila sagunging tumuwuh, aja anilar warah, susar -susur yén kesarung temah
busuk, nora ngrungoaken ujar, wuruking mata lan kuping.
hidup karena dihidupi, oleh Tuhan supaya menjadi berkah dunia, oleh
sebab itu makhluk hidup, jangan meninggalkan petunjuk, bila salah kemudian
terjerumus akhirnya akan tertimpa musibah, tidak mendengarkan perkataan,
pemberitahuan mata dan telinga.
/32/ iku wong datan panalar, mungkir lamun Allah Subkanalahi, wong
bener wenang aprunggal, kang jember néng naraka, nalar iku luwih santosaning
tuduh, kang duwé kang murbéng alam, pagéné nora ngéstuti.
itu adalah orang yang tidak menggunakan akal, memungkiri Allah sebagai
Tuhan yang Maha Suci, orang yang benar berhak terputus jarak, yang lebar dengan
neraka, akal merupakan petunjuk yang sentaosa, yang memiliki yang memelihara
dunia, namun mengapa tidak menurut?.
/33/ pamuji lawan panembah, sangking nalar tuwuh néng wong berbudi,
nora sangking kompra penggung, gegembring tanpa iman, dalil Kuran Alahu Samat
kasebut, sapinuduh dén lakoni.
pemujaan dan penyembahan, tumbuh dari pada orang yang memiliki sifat
ikhlas, bukan dari orang yang ceroboh, bodoh, gila tanpa kepercayaan, ayat Al
Quran dari Allah Subhanawataala menyebutkan nora kena sesembranan tidak boleh
menyepelekan, semua petunjuk dan harus dijalani.
/34/ saraté samat pranyata,
anglangkepi mengku salir kumelip, yén manungsa ora urus, agolék nalar liyan,
pralambangnya lir mina milar ing ranu, amesthi luwih cilaka, buthuk binadhong
ing anjing.
sebab syaratnya jelas, melengkapi dan menjaga segala makhluk hidup,
jika manusia tidak memeliharanya, mencari pemikiran lain, ibarat seperti ikan
yang melompat dan minggir dari air, pasti lebih celaka, membusuk dan dimakan
anjing.
/35/ nabi wali myang ulama, para ratu satriya myang bupati, Allah tan
milih kang busuk, tan liyan /kang/ berbudiman, karantené yén ana wong gemblung
bingung, maido kodrat iradad, wong lumaku dén jajuwing.
nabi, wali, dan alim ulama, para raja, satria, dan bupati, Allah tidak
akan memilih dari mereka yang bodoh, namun tidak lain dari orang yang baik
hati, oleh sebab itu bila ada orang yang bodoh dan bingung, tidak mempercayai
kodrat dan iradat, orang yang berbuat demikian akan dihancurkan.
/36/ wong tuman kasurang-surang, yén tan arsa ngrungu pitutur becik, yén
wong tan (23) wruh ujar-ujar, bongga degsura pugal, wuta magagob mogira
amberung, karem marang kaluputan, muyab tur kena ing sarik.
orang yang terus melakukannya akan terlunta-lunta, jika tidak mau
mendengarkan nasihat yang baik, jika orang itu tidak mengerti perkataan yang
baik, sombong, sok, kasar, buta mata, tangan menyerang, seperti kerbau gila
yang tidak menurut, menyukai kesalahan, dengki, maka akan tertimpa bencana.
/37/ andadra ing ngombra-ngombra, bosen urip lumuh mangan rejeki, wong
kapengin di kakepruk, binebek punang sirah, dén pepukang pinurakéng marga
catur, kinarya pangéwan éwan, amrih aja dén ulari.
lama kelamaan justru semakin menjadi-jadi, bosan hidup enggan makan
rezeki, orang itu ingin dipukul, dipukuli kepalanya, dijadikan seperti monyet
yang sangat menyedihkan di perempatan jalan, sebagai bahan ketidaksenangan,
supaya jangan menulari.
/38/ lirna ing aran kukumbah, nora tanpik tinandhesaning adil, drubegsa
ambubrah urus,manungsa cacah-cucah, nyunyukeri angambah buminé /ng/ ratu,
ngrariwuk ngrubéda nalar, jajelantah wong gegingsir.
oleh sebab itu disebut dihukum, tidak menolak (sesuatu) didasarkan
hasil, makhluk halus penunggu hutan merusak aturan aturan yang baik, manusia
menjadi sangat buruk, mengotori ketika menginjak tanah milik raja, menganggu
dan mengacaukan pikiran, perbuatan buruknya telah diketahui orang sehingga
(dia) menyingkir.
Nuwun.
Rahayu!
Posting Komentar